Selasa, 13 Januari 2015

CONTOH TUGAS MEMBUAT MEMORANDUM PERENCANAAN AUDIT

PERUSAHAAN CARPROOF
MEMORANDUM PERENCANAAN AUDIT
PERIODE 31 MARET 2012

1.        Pendahuluan
Memorandum ini menetapkan strategi yang diusulkan untuk mengaudit Perusahaan CarProof untuk tahun yang berakhir 31 Maret 2012.

2.        Latar Belakang Entitas
Perusahaan CarProof adalah perusahaan publik. Didirikan pada tahun  2000. Perusahaan ini bergerak dalam usaha membuat dan menjual produk kendaraan khusus terutama terkait dengan perlindungan cat dan anti karat. Pada 2009 dewan direksi CarProof merasa bahwa produk perusahaantelah siap sepenuhnya dan memutuskan diversifikasi. CarProof dengan agresif mencari produk baru, dan pada Maret 2010 diperoleh rumus untuk spesialisasi pelumas motor (Run-Smooth) dari SIM, LLC. Perusahaan telah membeli 15% saham biasa dari SIM. Pada saat pembelian saham, Steve Matthew memiliki 100% SIM, dan setelah CarProof membeli 15%, ia tetap memiiliki 85% saham SIM. Pada Desember 2010, dewan direksi menunjuk Steve Matthew menjadi presiden dari CarProof.

3.        Informasi Bisnis
a.       Informasi Produk
Produk Run-Smooth tidak seperti pelumas motor konvensional. Penemuan struktur molekul memberikan kepercayaan pada manajemen atas keunggulan kinerjanya. Meskipun lebih mahal untuk diproduksi dan memiliki harga jual yang lebih tinggi daripada pesaing konvensional, manajemen percaya bahwa itu akan mengurangi biaya perawatan dan memperpanjang umur peralatan yang menggunakannya.
b.      Pesaing
Pesaing utama CarProof adalah sebuah kelompok perusahaan multinasional yang berhasil memiliki pengakuan sangat baik dari konsumen atas produk dan jaringan distribusi besar.


c.       Target Pelanggan
Untuk menciptakan ceruk pasar Run-Smooth, manajemen CarProof menargetkan bisnis komersial di Negara Bagian Barat di bidang mesin perkapalan dan peralatan industry.
d.      Kebijakan bisnis
Fasilitas CarProof yang ada tidak cukup untuk memproduksi Run-Smooth dalam kuantitas komersial. Pada Juni 2011, CarProof memulai pembangunan pabrik baru di Nevada. Setelah negosiasi yang panjang, ia menerima bantuan $900.000 dari pemerintah Negara Bagian. Persyaratan bantuan meminta CarProof untuk mengelola tingkat pengerjaan tertentu di Nevada selama 3 tahun mendatang atau sumbangan itu harus dikembalikan. Fasilitas baru mulai beroperasional pada 1 Desember 2011. CarProof membiayai ekspansi terbaru dengan pinjaman bank berjangka. Manajemen mempertimbangkan untuk menerbitkan saham tambahan pada 2012 untuk mengatasi masalah arus kas perusahaan.

4.        Penilaian Resiko
-          CarProof mengalami kerugian besar selama 3 tahun fiskal terakhir
-          Tidak ada pesanan yang signifikan yang diterima Run-Smooth sampai saat ini
-          CarProof telah melayangkan tuntutan hukum terhadap pesaing utama atas pelanggaran hak paten dan mata-mata industri. Manajemen memperoleh bukti bahwa hal itu akan berhasil, dan berharap mencatat perolehan hasil penyelesaian yang diestimasi sebesar $4 juta. Meskipun tanggal pengadilan belum ditetapkan, korespondens legal menunjukkan bahwa pesaing berniat melawan aksi ini sampai ke pengadilan tertinggi di seluruh Negara.
-          Biaya pengembangan tertunda $2 juta yang menunjukkan biaya material, tenaga kerja, dan subkontrak yang terjadi selama tahun 2010 dan 2011 untuk mengevaluasi produk Run-Smooth dan mempersiapkannya untuk pasar. CarProof  belum melakukan amortisasi sampai saat ini, dan berpikir bahwa periode 20 tahun sudah cukup.
-          Royalti sebesar $0,25 per liter dari produksi Run-Smooth dibayarkan setiap tahun untuk SIM.
-          Pinjaman bank berjangka sebesar $3,514 juta dijamin dengan biaya mengambang atas seluruh asset perusahaan. Perjanjian pinjaman meminta CarProof untuk menjalani penilaian ruang lingkup tahunan atas fasilitas campuran tua dan baru.


5.        Tujuan Audit
a.       Menyatakan apakah, laporan keuangan telah memberikan gambaran yang benar dari perusahaan, termasuk pengakuan terhadap pendapatan serta pengeluaran, jumlah keuntungan dan kerugian untuk tahun yang bersangkutan. Bagian dari pendapat ini juga akan menunjukkan apakah akuntansi telah disusun dengan baik sesuai IFRS.
b.      Menunjukkan apakah pengeluaran dan pendapatan disajikan dalam akun miliki, dalam semua hal yang material, telah diterapkan dengan tujuan yang dimaksudkan oleh perusahaan dan apakah transaksi keuangan telah sesuai dengan aturan yang berlaku.
Hal-hal yang dipertimbangkan sebagai berikut:
a.       Apakah perusahaan telah membuat catatan akuntansi yang tepat dan apakah pengembalian yang tepat yang memadai untuk audit telah diterima dari pihak ketiga;
b.      Apakah sistem yang efektif pengendalian internal di tempat;
c.       Apakah Rekening berada dalam perjanjian dengan catatan akuntansi dan kembali; dan
d.      Apakah kami telah memperoleh semua informasi dan penjelasan yang kami anggap perlu untuk tujuan audit kami.

6.        Rencana Kerja
Penempatan staff :
Patner                   : Andi Gunawan
Manajer                : Rio Dewanto
Supervisor                        : Agus Hari Mukti
Senior                   : Fransiska Gunawan
Junior                   : Triana Susanti

7.        Biaya Pemeriksaan
Biaya pemeriksaan sebesar Rp 30.000.000 ( sepuluh juta rupiah) ditambah PPN dikurangi dengan PPh 23.

8.        Waktu
Pemeriksaan lapangandimulai/selesai       : 25 April 2012 s/d 24 Juni 2012
Pemeriksaan stok fisik/kas                       : 1 Mei 2012 s/d 8 Mei 2012
Evaluasi pengendalian internal                : 9 Mei 2012 s/d 8 Juni 2012
Penyerahan laporan akuntan                    : 30 Juni 2012
Pelaksanaan stock                              



Tidak ada komentar:

Posting Komentar